4
   Musim hujan telah tiba, biasanya virus influenza turut serta. Mulai anak kecil hingga dewasa pun banyak yang terkena flu. Antisipasi dengan memperbanyak konsumsi bahan makanan yang bisa  mencegah influenza. Berikut bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mencegahnya.
Bahan Super Pencegah Flu
1) Brokoli
     Dengan rajin mengkonsumsi brokoli akan mendapat banyak nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan. Karena didalam brokoli terdapat vitamin A, C,glutathione dan antioksidan dalam brokoli sangat tinggi. Tambahkan ke setiap hidangan atau sajikan dengan topping keju rendah lemak.

2) Almond
    Kacang ini terkenal dengan kandungan vitamin E yang mampu menangkal penyakit, serta sumber antioksidan yang baik. Mengkonsumsi almond dapat mencegah pilek dan infeksi saluran pernafasan. Makan segenggam almond sebagai camilan setiap hari atau gunakan dalam menu utama.

3) Yoghurt
     Saluran pencernaan adalah salah satu organ kekebalan tubuh terbesar, sehingga daerah ini perlu dijaga dengan makanan yang kaya probiotik dan prebiotik. Konsumsi yoghurt setiap hari akan mensuplai sumber probiotik dan prebiotik yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

4) Bawang Putih
     Kandungan allicin fitokimia ( senyawa antimikroba ) dalam bawang putih, ampuh untuk melawan virus penyebab pilek dan flu. Akan tetapi baik jika dikonsumsi secara segar. Tetapi, jika tidak terbiasa konsumsi bawang putih segar, campurkan bawang putih kedalam tumis atau sup.

5) Salmon
     Seseorang yang gemar atau rutin mengkonsumsi daging salmon 350 gram setiap minggu. Daya tahan tubuhnya terhadap virus influenza meningkat hingga 40 persen dibandingkan yang jarang mengkonsumsi salmon. Ikan salmon ini merupakan sumber omega yang meningkatkan imunitas tubuh.

6) Paprika Merah
    Di dalam paprika merah komplit dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah influenza. Dalam sebuah paprika merah terkandung nutrisi, antioksidan, vitamin C dan anti inflamasi yang menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paprika merah dapat dimakan mentah, dipanggang, digoreng atau dikukus. Cukup satu cangkir paprika merah mentah sehari, sudah memenuhi kebutuhan vitamin C.

7) Stroberi
     Kandungan stroberi yaitu vitamin C yang sangat tinggi. Konsumsi stroberi dapat mengurangi intensitas dan durasi dingin saat flu. Satu cangkir stroberi menyediakan 60 persen dari kebutuhan harian vitamin C Anda.

8) Jamur Kancing
    Memiliki dua senjata ampuh untuk mencegah flu yaitu selenium dan antioksidan. Selenium membantu sel - sel darah putih memproduksi sitokinin yang membantu menghancurkan virus flu dan mempercepat proses penyembuhan penyakit. 
     Dalam jamur terkandung beta glucan ( sejenis antimikroba serat ) yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Selain itu serat alaminya baik untuk pencernaan. Antioksidan dan vitamin C dalam jamur juga mampu menangkal flu, sekaligus menjaga kekebalan tubuh. Pilih jamur kancing segar untuk campuran sup, saus, tumis hingga isian.

9) Teh
    Minum teh hitam setiap hari dapat meningkatkan sistem pertahanan kekebalan tubuh. Ini karena theanin dalam teh. Teh juga mengandung cathein, yang bertindak seperti agen pembersih terhadap radikal bebas. Tak hanya teh hitam saja yang baik untuk mempertahankan kekebalan. Konsumsi teh hijau dan teh putih juga mampu menjaga ketahanan tubuh.

10) Cokelat Pekat
      Coklat pekat dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Makan cokelat pekat membantu pengembangan sel T limfosit dalam darah putih, melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun seperti halnya gula dan alkohol, mengkonsumsi cokelat terlalu banyak malah merusak kesehatan.

Post a Comment

  1. Bahannya banyak yg susah dicari ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga mas, bisa cari disekitar kita kok. terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. sangat bermanfaat sist post nya :d

    ReplyDelete

 
Top