1
Hampir semua orang berfikiran bahwa cacing itu hewan yang menjijikkan dan tidak ada manfaatnya. Jangan salah, cacing bisa digunakan untuk pengobatan types yang alami. Menurut pengalaman dan berdasarkan orang - orang yang pernah mengalami sakit demam atau suhu badan yang tidak stabil tinggi dan rendah, dengan memanfaatkan cacing tanah sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit demam dan sejenisnya.

http://4.bp.blogspot.com/-UJCHCCwZGHA/UqPQmLV4b5I/AAAAAAAAAKM/pIWWbPSJegk/s1600/Tetapi tidak sembarangan cacing bisa digunakan untuk obat, cacing tertentu yang dikhususkan sebagai pengobatan types. Ada dua spesies cacing tanah yang bisa dipakai untuk pengobatan yaitu lumbricus rubellus dan pheretima aspergillum. Komponen cacing tanah tidak menimbulkan efek taksik bagi manusia sehingga aman dikonsumsi.

Cacing tanah tinggi protein juga mengandung beberapa asam amino dengan kadar yang cukup tinggi. Salah satunya, cacing  lumbricus rubellus diketahui mengandung kadar protein yang sangat tinggi sekitar 76 %. Konsentrasi protein ini lebih tinggi dengan daging mamalia yang rata - rata hanya 65 % dan ikan hanya mengandung protein rata - rata 50 %.

    Jika cacing kalung atau dalam bahasa ilmiahnya pheretima aspergillum, telah dipercaya masyarakat indonesia tentang keampuhan  penyembuhan penyakit types. Dalam kasus types ekstrak cacing tanah bisa bekerja dari dua sisi yaitu membunuh bakteri penyebabnya sekaligus menurunkan demamnya. Penyebab sakit types adalah bakteri salmonella dan kandungan cacing gelang itu sendiri sebagai pembunuh bakteri salmonella.

     Beberapa penelitian telah membuktikan adanya daya anti bakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, shigella dysenterica, staphylococcus aureus dan salmonella thypi.

     Kandungan enzim cacing tanah yaitu terdapat enzim lumbrokinase, yang menormalkan tekanan darah. Enzim selulase dan lignase mengatasi gangguan pencernaan atau maag. Enzim peroksidase dan katalase sangat efektif dalam penyembuhan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan rematik. Memiliki kandungan arachidonicacid efektif sebagai penurun suhu. Terdapat kandungan Bacillus cereus, listeria monocytogenes, scherichia coli, stapylococcus albus dan zat penghambat perkembangan kuman salmonella typhi.

     Khasiat cacing tanah sebagai obat penyakit types, meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh, meningkatkan nafsu makan, diare, melancarkan sirkulasi darah, hipertensi, stroke, melancarkan pencernaan, penyembuhan luka, maag, rematik, sariawan dan hepatitis.

     Cara pengolahan yaitu bersihkan cacing gelang hingga benar - benar bersih ( belah dan bersihkan bagian dalam cacing ), keringkan pada sinar matahari. Jika sudah kering, tumbuk hingga halus. Setelah itu, rebus dan minum secara hangat agar tidak berbau amis.

Post a Comment

 
Top