0
minum diet sehat

Bosan dengan minuman kemasan yang berpengawet? Gak ada salahnya mencoba minuman segar dari tiga bahan alami ini : Rosella, tamarind dan cermai.

- Bunga Rosella
   Minuman rosella?Mengapa tidak, bunga ini kaya akan vitamin C dan antosianin yang punya daya antioksidan dan artinya baik untuk kesehatan sel.

    Selain itu, ada kandungan serat, vitamin A, vitamin B1, B2, B3. Cara membuatnya mudah yaitu rebus kelopak dan mahkota bunga rosella kering dalam air selama 8 - 10 menit sampai air berwarna merah, baru sesudah itu ditambahkan gula. Hidangkan dalam keadaan dingin, pasti mak nyuus dan sehat karena tanpa penambahan bahan kimia apa pun.
     Ada juga yang dibuat dengan campuran jahe, atau campuran kayu manis, cengkeh dan daun salam. Atau dengan cara merendam bunga kering dalam air, tambahkan gula dan perasan jeruk lemon secukupnya, simpan dalam lemari es selama semalam.
     Saring dan tambahkan es batu untuk minuman yang segar. Minuman ini baik untuk orang yang mengalami kesulitan buang air kecil, karena memang khasiatnya sebagai diuretika ringan.

- Tamarind
    Nama populernya yaitu buah asam. Selama ini orang hanya menoleh pada buah asam yang sudah dikukus untuk bahan campuran masakan lokal. Buah asam kaya kandungan vitamin B1, zat besi, magnesium, fosfor dalam kadar yang sesuai kebutuhan tubuh, kalsium, vitamin C dan tembaga. Juga ada asam tartrat, asam sitrat yang bekerja sebagai antioksidan dan tentu baik untuk kesehatan sel.

     Perlu juga diketahui buah asam mempunyai khasiat untuk pengobatan, seperti ; membantu meredakan sakit perut, memperbaiki pencernaan, mengatasi sembelit, mengatasi demam, rematik, kulit yang terbakar sinar matahari. Daun yang dikeringkan atau direbus bisa untuk dibubuhkan pada persendian yang linu atau keseleo.
     Untuk membuat sirup, siapkan 2 mangkok air matang, 2 mangkok gula putih, dan buah asam yang sudah masak dan sudah dibuang kulit luarnya. Larutkan gula dalam air, aduk, tambahkan buah asam secukupnya, panaskan sampai mendidih. Sesudah mendidih, kecilkan api lanjutkan pemanasan selama 2 menit, lalu biarkan selama 30 menit. Daging buah menjadi lebih lunak seperti bubur, saring dengan cara menekan buahnya dan akan keluar cairan sirup. Hidangkan dalam keadaan dingin.

- Buah Cermai
   Cermai adalah buah yang mungkin sudah mulai dilupakan orang, padahal tanamannya gampang sekali tumbuh. Buahnya berbentuk bulat dan rasanya kecut sekali. Buah ini dapat digunakan untuk penyembuhan macam - macam gangguan, seperti asma, rematik, gangguan kulit, pelindung fungsi liver, anti diabetes dan anti radang.

     Cara membuat sirupnya yaitu buah yang matang dimasak dengan larutan gula dalam air ( 70 gram gula dalam 100 ml air ) dengan api sedang sampai terbentuk jeli. Ambil jeli secukupnya masukkan ke dalam gelas, campurkan air, aduk dan tambahkan es batu.
      Cara lain, yaitu dengan mengiris daging buah, buang bijinya. Campurkan daging buah dengan gula pasir, biarkan selama 24 jam untuk mengurangi keasaman. Setelah itu saring daging buah dengan cara menekan pada saringan, sehingga akan dihasilkan sirup berwarna kuning pucat.
    

Post a Comment

 
Top