0
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/
   Hemoglobin adalah protein yang ada dalam sel darah merah, yang kaya kandungan zat besi. Di dalam zat besi itu sendiri terdapat pigmen hemoglobin dikenal dengan hematin, sedangkan bagian protein disebut globin. Fungsi hemoglobin yaitu mengangkut oksigen dari paru - paru ke seluruh jaringan tubuh yang menyuplai energi pada reaksi kimia dalam sel - sel. Hemoglobin sangat diperlukan untuk menjaga tingkat pigmen didalam darah.
    Penurunan hemoglobin secara normal ada kemungkinan awalnya tidak menimbulkan efek yang nampak. Akan tetapi penurunan secara drastis akan menyebabkan gejala parah, sehingga menjadi komplikasi masalah kesehatan. Gejalanya sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, demam dan sembelit.

    Penyebab hemoglobin rendah yaitu:

1) Kadar zat besi yang kurang dalam tubuh dapat mempengaruhi sintesis hemoglobin sehingga menyebabkan gejala anemia.


2) Tingkat hemoglobin bisa mengalami penurunan jika terjadi pendarahan. Wanita yang mengalami datang bulan yang ekstrim donor darah, hidung berdarah dan kecelakaan juga akan mengalami tingkat hemoglobin rendah.

3) Gangguan  kesehatan tertentu penyakit ginjal, leukemia, sirosis, hipotiroidisme dapat menjadi penghambat memproduksi sel darah merah.

    Cara meningkatkan Hemoglobin :
a) Mengkonsumsi buah dan sayuran antara lain tomat, kacang - kacangan, brokoli, kubis, kecambah, sayur bayam, kentang, jagung, anggur, orange, jambu biji, pepaya, buah kiwi dan mangga.

b) Mengkonsumsi daging, telur, ikan, kerang, hati, susu kedelai, tiram.
c) Rempah - rempah seperti kunyit, jahe, kemangi, jinten, kayu manis merupakan sumber yang kaya zat besi.
d) Beras merah cukup populer karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan hingga membantu menurunkan berat badan. Beras merah juga mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah.
    Cegah anemia dengan melakukan gaya hidup sehat, tidur cukup, tidak merokok, pola makan sehat dan teratur.

Post a Comment

 
Top