0

  Demam suatu kondisi dimana suhu tubuh mengalami peningkatan melebihi batas normal. Batas normal suhu tubuh seseorang antara 36°c - 38° c. Demam yang merupakan gejala atau indikasi seseorang sedang terserang suatu penyakit seperti batuk, flu dan pilek, radang tenggorokan, dehidrasi serta penyakit lainnya.

   Jika seseorang atau anak balita mengalami demam, tidak ada salahnya melakukan pertolongan pertama dirumah dengan memanfaatkan bahan  tradisional untuk meredakan demamnya. Bahan - bahan tradisional itu antara lain :

1) Bawang Merah
     Tanaman ini telah dimanfaatkan sejak nenek moyang sebagai penolong pertama pada bayi yang terserang demam. Hal ini disebabkan bawang merah memiliki senyawa atsiri, sikloaliin metilaliin, kuersertin dan floroglusin. Caranya dengan mengupas bawang merah sekitar 5 siung, lalu parut kemudian tambahkan minyak kelapa. Selanjutnya balurkan ramuan tersebut ke seluruh tubuh bayi. Lambat laun panas akan mereda.

2) Kunyit
    Merupakan bumbu masakan yang dapat menjadi obat tradisional penurun panas pada balita. Kunyit memiliki kandungan senyawa minyak atsiri, turmeron, curcumin dan zingiberen dapat berfungsi anti inflamasi, anti oksidan dan juga anti bakteri yang mampu menurunkan panas. Caranya yaitu ambil kunyit sebesar 1 ruas jari. Campurkan parutan kunyit tadi bersama setengah gelas air panas. Biarkan air menjadi dingin, lalu peras ramuan tersebut dan ambil sarinya. Tambahkan perasan jeruk nipis dan juga madu ke dalam air perasan kunyit. Minumkan pada anak balita.

3) Teh Lemon dan Madu
     Minuman yang tepat dinikmati ketika demam. Kombinasi dari teh lemon dan madu mampu membuat demam turun dengan cepat karena semuanya kaya akan antioksidan tinggi.

4) Mentimun
   Mentimun bersifat dingin dan basah, juga mengandung kalsium, zat besi , magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Caranya parutlah buah mentimun, kemudian gunakan untuk mengompres dengan segera dapat menurunkan panas.

5) Nanas
     Memakannya dalam keadaan segar merupakan cara yang baik untuk menurunkan demam. Karena nanas mengandung anti peradangan alami yang mampu memerangi demam. Dalam bentuk jus nanas bermanfaat untuk mencegah dihidrasi.

Post a Comment

 
Top