0
    Dimusim hujan seperti sekarang ini didaerah dataran tinggi atau lebih tepatnya didekat pantai. Banyak sekali masyarakat terkena penyakit demam berdarah. Demam berdarah adalah jenis penyakit demam akut yang disebabkan oleh salah satu dari empat genus flavivirus dikenal dengan nama virus dengue.
  Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang mengandung virus dengue. Pada saat nyamuk aedes aegypti mengigit maka, virus dengue akan masuk ke dalam tubuh. Setelah masa inkubasi sekitar 3 - 15 hari.



Gejala yang timbul karena penyakit demam berdarah yaitu :

1) Demam tinggi terus menerus hingga 2 -7 hari, dengan penderita yang tampak   lemah lesu dan suhu badan mencapai 40 derajat celcius.

2) Adanya tanda pendarahan dimulut, hidung ( mimisan ), dan dubur ( BAB berdarah )

http://medicastore.com/images/3) Sakit perut yang mungkin terjadi muntah dan sakit kepala berat.

4) Bintik - bintik merah pada kulit yang bila kulit direngangkan bintik akan tetap terlihat berbeda dengan gigitan nyamuk lainnya yang tidak terlihat saat kulit direngangkan.

5) Bila penyakit sudah parah penderita akan merasakan gelisah dengan ujung kaki dan tangan dingin.

6) Hasil tes tourniquet yang positif dan berkurang jumlah trombosit hingga dibawah 100.000 per mm3.

7) Pembesaran plasma yang ada hubungannya dengan kenaikan permeabilitas dinding pembuluh darah yang ditandai dengan munculnya kenaikan nilai 20 % dari hematokrit atau lebih tergantung umur dan jenis kelamin penderita demam berdarah. Menurunnya nilai hct dari nilai daras 20 % atau lebih sesudah dilakukan pengobatan. Serta tanda - tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura dan asites.

http://berita2bahasa.com/images/articles/

   Belum ada vaksinasi yang dapat mencegah seseorang terkena virus dengue tersebut. Hanya ada cara pencegahannya yaitu dapat melindungi diri dari nyamuk dan meminimalkan jumlah gigitan nyamuk. Adapun pertolongan pertama untuk penderita demam antara lain :


# Memberikan minum sebanyak mungkin untuk menghindari adanya dihidrasi. Saat terjadi kebocoran harus banyak minum, namun saat kebocoran sudah selesai maka dalam waktu 2 x 24 jam asupan air harus dikurangi.

# Berikan obat penurun panas pada penderita penyakit demam berdarah dengue.

# Kompres dengan air agar suhu panas menurun.

# Jika dalam jangka waktu 3 hari demam tidak turun atau bahkan semakin naik segera bawa penderita ke dokter untuk segera mendapatkan pertolongan.

# Jika penderita tidak bisa makan dan minum dalam artiam muntah terus, kondisi semakin parah, kesadaran menurun atau hilang maka penderita harus dirawat di rumah sakit.


http://i1214.photobucket.com/albums/cc497/pikoli/

http://rsabojonegoro.com/wp-content/uploads/2015/11/

Post a Comment

 
Top