0
buah pepaya
Buah pepaya sangatlah mudah ditemukan, biasanya tumbuh dipekarangan rumah dan buah pepaya ini cukup mudah berkembang dan tumbuh meski tanpa perawatan yang maksimal.
Buah pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, riboflavin, niacin, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, lemak, karbohidrat, protein dan kalori. Dari sekian banyak kandungan pada buah pepaya tersebut, pasti juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Adapun manfaat buah pepaya antara lain :
1) Menguatkan sistem imun
     Kandungan vitamin C, vitamin A dan senyawa beta karoten yang terdapat dalam buah pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah pepaya juga dapat mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan juga dapat meredakan demam.
2) Pencernaan
     Didalam pepaya terdapat enzim papain yang bermanfaat dalam membantu pencernaan. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi sehingga baik dalam pencegahan sembelit dan keteraturan buang air besar.
3) Kesehatan kulit
     Buah pepaya juga dapat menyehatkan kulit karena mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Vitamin tersebut dapat membantu melembabkan dan mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan segar.
4) Manfaat buah pepaya untuk wajah
    Buah ini juga bermanfaat untuk menghaluskan wajah, dapat mengurangi flek hitam dan juga dapat mengencangkan kulit wajah. Caranya :
- haluskan buah pepaya (dapat ditambah madu)
- gunakan sebagai masker
- diamkan selama 15 - 20 menit
- bilas dengan air hangat
- lakukan secara rutin
Meskipun manfaat buah pepaya cukup melimpah, namun juga terdapat resiko yang harus diwaspadai yaitu ;
1) Kehamilan
    Suatu makanan jika dikonsumsi secara berlebihan pasti memiliki efek samping yang tidak baik. Pepaya mentah biasanya dapat dimanfaatkan sebagai sayur karena jika dimasak rasanya lumayan enak. Namun jika dikonsumsi secara mentah mempunyai lateks melimpah yang dapat memicu kontraksi uterus. Hal ini dapat menyebakan keguguran.
2) Batu ginjal
     Didalam buah pepaya mengandung banyak vitamin C. Hal ini dapat menjaga ketahanan sistem kekebalan tubuh. Namun,  dosis tinggi vitamin C dapat menyebakan pembentukan batu ginjal oksalat didalam tubuh. Oksalat itu sendiri yaitu hasil produksi vitamin C setelah nutrisi dicerna. Jadi, konsumsilah buah pepaya secukupnya saja.
3) Pernafasan
     Buah pepaya memiliki enzim papain yang merupakan alergen, sehingga dapat memperburuk gangguan pernafasan dan bersin - bersin. Jika seseorang memiliki penyakit asma lebih baik untuk tidak mengkonsumsi buah pepaya.
4) Gangguan pencernaan
     Meskipun buah pepaya memiliki serat yang tinggi dan dapat mencegah sembelit. Tetapi, jika terlalu banyak makan buah pepaya juga dapat menyebabkan sakit perut akibat kandungan enzim papain.

Post a Comment

 
Top