0

Kolestrol tinggi atau hiperkolesterolemia merupakan suatu kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal. Kolestrol dalam darah semakin meningkat, apabila asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gaya hidup yang cenderung tidak teratur dan seimbang.

Tubuh memang memerlukan kolesterol untuk membentuk dinding sel, sebagai sumber energi, bahan dasar dari pembentukan hormon - hormon steroid, membantu pembentukan vitamin D, membantu penyerapan kalsium, membangun kekebalan tubuh, mengurangi gejala aterosklerosis,  dan mengurangi pembentukan bekuan darah.

Pada awalnya mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh tidak menunjukkan gejala apapun. Namun, ketika melakukan pemeriksaan pada laboratorium terlihat bahwa kadar kolesterol melebihi batas normal. Jika kadar kolesterol dalam darah meningkat akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan dan gangguan penyakit yang disebabkan oleh kolesterol yaitu stroke, serangan jantung, penyakit pembuluh darah perifer, tekanan darah tinggi.

Adapun gejala yang disebabkan kolesterol tinggi yaitu :
1) Kesemutan
     Kesemutan atau parestesia bersifat sementara dan ada pula yang sifatnya kepanjangan. Kesemutan yang terjadi secara kepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan. Ada beberapa macan hal yang ditandai dengan kesemutan yaitu gejala kolesterol tinggi pada tubuh yang mengalami kesemutan atau mati rasa. Kesemutan bisa membuat tubuh lemas jika berjalan.

2) Sakit kepala
     Sakit kepala muncul akibat kolesterol tinggi karena otak mengalami kekurangan oksigen sesaat akibat sumbatan kolesterol pada pembuluh darah. Sakit kepala yang dirasakan terjadi karena plak kolestrol menekan saraf keseimbangan.

3) Leher nyeri
     Hal ini dapat disebabkan akibat adanya gangguan pada otot, ligamen, saraf serta sendi tulang leher yang dapat dipicu oleh posisi tubuh, aktifitas fisik, serta stres psikologis. Leher yang mengalami nyeri sangat tidak enak jika digerakkan. Tapi jika nyeri secara tiba - tiba, maka bisa dikatakan dengan tanda gejala kolesterol tinggi.

4) Telinga berdengung
     Kolestrol yang tinggi juga dapat menimbulkan gejala telinga berdengung  karena plak kolesterol yang terbentuk dapat menekan saraf yang ada pada telinga, sehingga membuat saraf tersebut mengaku dan menimbulkan suara berdengung.

Post a Comment

 
Top